Melihat MTs Model Ihsaniyah Kota Tegal


 MTs Model Ihsaniyah Tegal  MTs Model Ihsaniyah Tegal merupakan madrasah berorientasi pada pendidikan vocational bidang agama, dan bertujuan menghasilkan tamatan berkeahlian. Sehingga dalam setiap kegiatan pembelajaran di sekolah itu, dibuat program kemampuan bidang science, dan kecakapan sebagai seorang calon intelektual muslim.

Secara umum sekolah ini mengacu pada kurikulum Kemenag, dengan visi unggul dalam prestasi maupun berakhlakul karimah, dilandasi nilai-nilai ihsan. Sedangkan misi yang diemban, menguatkan karakter sebagai pribadi muslim, tingkatkan kemampuan Tahfidzul Quran. Tingkatkan prestasi akademik lulusan, bentuk peserta didik berakhlakul karimah. Tingkatkan kemampuan BTQ, kemampuan teknologi informasi, berbahasa Inggris dan Arab, disamping menumbuhkan kebiasaan melaksanakan salat wajib berjamaah dan salat sunah.

Menurut Kepala MTs Model Ihsaniyah, Drs Slamet Mutaqin SKom, ada beberapa program unggulan di sekolahnya. Antara lain Tahfidzul Quran atau hafalan Al-Quran, Al Muhadasah Billughotaini (percakapan bahasa Inggris dan Arab), dan Khutbatul Mimbariyah (pidato bahasa Indonesia, Inggris, serta Arab). “Jadi MTs Model Ihsaniyah berupaya menciptakan dai-dai muda, dan para ahli Tahfidz Quran yang komunikatif,” imbuhnya.

Dijelaskan, target sekolah ketika peserta didiknya lulus, minimal sudah hafal 3 jus Al-Quran. Sedang komunikasinya minimal dapat bercakap-cakap menggunakan bilingual atau tiga bahasa, yakni Arab, Inggris, dan Indonesia. “Untuk mencapai semua itu, dibutuhkan SDM yang aplikatif. Guru yang mengajarkan benar-benar memiliki pengalaman dan kemampuan dalam bahasa, tahfidz, serta kemampuan komunikasi. Dalam hal ini mampu berkhutbah atau ceramah. SDM-SDM ini telah terpenuhi semuanya.”

Terkait sarpras, laboratorium program menggunakan masjid atau musala, sebagai sentral kegiatan dengan didukung peralatan komunikasi. Baik sound atau komputerisasi. Jadi bisa memanfaatkan jaringan sebagai sumber belajar. Sejak didirikan April 2011 lalu hingga saat ini, perkembangan MTs Model mengutamakan proses, agar pelayanan menyentuh pada kemampuan dan keterampilan. Sehingga mulai awal pelajaran dilakukan pendampingan, sehingga pembiasan tersebut terus berjalan.

Misalnya kebiasaan salat berjamaah, bercakap bahasa Inggris, dan Arab, melatih menghafal Al-Quran, selain sikap akhlakul karimah. Dari pendampingan ini, dapat terukur dan terpantau kemampuan maupun sikap serta kecakapannya. “Ini bisa dilihat dari prestasi yang diraih. Walaupun baru ikut lomba, tapi langsung mendapat juara. Di antaranya juara pidato antar MTs se-Kota Tegal, peserta terbaik pawai budaya Rolasan, juara POPDA cabang pencak silat,” urai dia. (adi mulyadi)

Tentang Drs.SLAMET MUTAQIN.S.Kom

sehari hari sebagai guru mts dan aktif diberbagai kegiatan kemasyarakatan, ingin lebih jauh mengenal berbagai tantangan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s